Din Syamsuddin Nilai Negara Bertanggung Jawab Memulangkan Habib Rizieq


Didesak Mundur Dari MWA ITB, Din Syamsudin: Anjing Menggonggong ...

Darirakyat.com  - Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin angkat bicara soal proses pemulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab yang berlarut-larut. Dia menyebut pemulangan Habib Rizieq merupakan tanggung jawab negara. 

Ucapan dari Din ini seperti disampaikan oleh ulama Betawi Haikal Hassan di dalam diskusi yang digelar Habib Rizieq Shihab Center (HRS Center) secara daring dengan tema Pemulangan IB HRS dari Pengasingan Politik, Minggu (23/8). 

Sebagai catatan, Din terpaksa absen dalam diskusi itu karena menghadiri acara lain. Namun, Din memberikan pernyataan sikap kepada Haikal untuk dibacakan saat diskusi. 

"Pemulangan Habib Rizieq Shihab adalah suatu keniscayaan dan merupakan tanggung jawab negara," ungkap Din melalui keterangan yang dibacakan Haikal dalam diskusi. 

Lebih lanjut, Din mengutip amanat pembukaan UUD 1945 berkaitan dengan pemulangan Habib Rizieq. Dalam pembukaan itu tertera bahwa negara harus melindungi segenap rakyat dan seluruh tumpah darah Indonesia. 

"Maka kewajiban dan tanggung jawab negara untuk melindungi habib Rizieq Shihab sebagai Warga Negara Indonesia," lanjut dia. 

Mantan Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah itu tidak terima jika negara abai atas pemulangan Habib Rizieq. Terlebih lagi, negara melakukan tindakan menghalangi kepulangan Habib Rizieq yang tiga tahun berada di Arab Saudi. "Tindakan demikian bisa dianggap inkonstitusional karena bertentangan dengan amanat konstitusi tadi," beber Din.

"Saya berpesan, marilah berjuang untuk pemulangan beliau (Habib Rizieq?). Namun, jangan terjebak dan terhasut dalam rekayasa mereka," timpal Din melalui Haikal. (jpnn.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel