Begini Klarifikasi Anji Soal Opini Ada Kejanggalan dalam Foto Jenazah Pasien Covid-19

Unggah Foto Jenazah Covid-19, Anji Ungkap Dua Kejanggalan ...

Darirakyat.com -
Beberapa hari terakhir viral foto jenazah pasien Covid-19 terbungkus plastik yang diabadikan oleh fotografer andal, Joshua Irwandi. Musikus Anji lantas menulis di medsos bahwa ada beberapa kejanggalan di foto tersebut.

Ia juga menyebut dampak Covid-19 tak semengerikan itu. Gara-gara opini itu, Anji diserang warganet. Tak mau masalah berlarut-larut, Anji memberikan klarifikasi. Ia mengatakan telah mengikuti diskusi daring bersama fotografer hebat yang membahas tentang jepretan Joshua Irwandi itu.

Pertama, Anji mengklarifikasi pernyataan pola penyebaran foto yang dia anggap seragam. "Ini adalah tentang perbedaan sudut pandang. Saya membaca viralnya foto Joshua Irwandi dari banyak akun besar dengan pola caption yang seragam," kata Anji di Twitter, Senin (20/7/2020).

Bahas Pola Penyebaran Foto

See detail[Foto: Twitter Anji]

"Saya bukan mendiskreditkan Joshua atau profesinya, tetapi membahas pola penyebaran fotonya di media sosial," sambung musikus berusia 41 tahun tersebut.

Selanjutnya, klarifikasi soal mengapa fotografer bisa mengambil gambar, sementara anggota keluarga pasien saja tidak boleh masuk. Akhirnya, ia mendapat edukasi atas pernyataannya ini.

Bukan Pertanyaan Saya Sendiri

See detail[Foto: Twitter Anji]
"Itu bukanlah pertanyaan saya sendiri. Tapi banyak orang. Hanya saja, saya menyuarakannya. Lalu saya mendapat penjelasan tentang etika jurnalistik beserta aturan-aturannya. Saya mendapat penjelasan dari beberapa Fotografer juga dalam forum yang membahas foto Joshua Irwandi malam tadi," pelantun "Dia" dan "Ternyata Cinta" menerangkan.

Terakhir, mantan vokalis Drive menegaskan tak bermaksud merendahkan profesi fotografer maupun profesi lain. Ia akhirnya meminta maaf.
Minta Maaf Salah Asumsi

"Saya tidak (pernah) mendiskreditkan profesi Fotografer, juga foto Joshua. Dalam caption di IG, saya menyuarakan hal-hal yang menurut saya janggal. Jika terjadi kesalahan asumsi dalam memahami kalimat saya, saya minta maaf," Anji mengakhiri.

Klarifikasi dan permohonan maaf ini direspons sejumlah warganet. Mereka masih tak puas dengan permintaan maaf tersebut.

Reaksi Warganet
"Jadi minta maafnya jika ada yang salah asumsi ketika memahami kalimatnya Anji? Atau saya salah memparafrase kalimatnya? Kalo enggak merasa bersalah enggak usah minta maaf, Nji. Enggak ada yang minta," kata pengguna akun @adhaniffah.

"Kesalahannya ditumpahkan ke netizen yang salah asumsi, bukan kesalahan sendiri. Bagus banget," tambah warganet lainnya.(today.line.me)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel