Viral! Pelajar di Riau Corat-coret Gambar Tak Sopan Rayakan Kelulusan Saat Corona. Pelaku Minta Maaf di Medsos




Darirakyat.com -
Momen kelulusan memang sangat membahagiakan.

Di tengah pandemi corona momen kelulusan jauh dari kata perayaan seperti biasanya.

Namun, aksi nekat siswa Sma setelah lulus ini justru dianggap tak sopan hingga viral di media sosial.

Sejumlah siswa dan siswi sekolah menengah atas (SMA) di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, melakukan aksi tak terpuji saat merayakan kelulusan viral di media sosial instagram, Senin (4/3/2020).

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, perayaan kelulusan itu dilakukan oleh sejumlah siswa dan siswi SMA Negeri 1 Kunto Darussalam, Rohul.



Siswa dan siswi SMA Negeri 1 Kunto Darussalam di Kabupaten Rohul, Riau, saat merayakan kelulusan dengan cara tak terpuji hingga viral di media sosial, Senin (4/5/2020).(Dok. Istimewa)

Mereka merayakan kelulusan dengan mencoret baju seragam sekolah dan hura-hura.

Tak hanya itu, sebuah tangkapan layar yang beredar di media sosial, memperlihatkan seorang siswi melakukan aksi tak senonoh yang dikelilingi sejumlah siswa.
Ada juga siswa dan siswi berpelukan.

Sungguh miris, aksi keluyuran yang dilakukan para siswa dan siswi disaat mewabahnya virus corona atau Covid-19.

Kelulusan diumumkan online agar tak ada aksi, tapi...

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Kaharudin saat dikonfirmasi Kompas.com membenarkan perayaan kelulusan dilakukan siswa SMA Negeri 1 Kunto Darussalam, Rohul.

"Ya, benar. Saya juga sudah dapat informasi soal kejadian itu viral di media sosial," kata Kaharudin melalui sambungan telepon, Senin.

Kaharudin menjelaskan, kelulusan siswa SMA diumumkan pada Sabtu (2/5/2020) malam.

Menurutnya, kelulusan siswa sengaja diumumkan pada malam hari untuk mengantisipasi siswa melakukan perayaan, seperti konvoi, coret baju dan sebagainya

"Kelulusan kita umumkan lewat online malam hari, supaya tidak ada siswa yang

merayakan. Karena dilarang, dan sekarang kan juga ada wabah virus corona," kata Kaharudin.

Tak semua siswa ikut aksi tak terpuji
Namun, dia menyebutkan perayaan kelulusan dilakukan siswa SMA Negeri 1 Kunto Darussalam pada esok paginya, Minggu (3/5/2020).

Menurut Kaharudin, perayaan kelulusan tidak dilakukan oleh semua siswa, tapi hanya ada beberapa orang.

"Informasinya hanya beberapa siswa. Mereka konvoi jalan di sekitar Kecamatan Kunto Darussalam," sebutnya.

Kaharuddin mengaku sangat menyayangkan aksi siswa yang merayakan kelulusan tersebut.

Karena dalam kondisi wabah virus corona saat ini, mestinya anak-anak berada di rumah.

"Sebenarnya kondisi wabah Covid-19 saat ini yang membuat kita khawatir. Kemudian, sekarang suasana ramadhan rasanya tidak etis juga seperti itu. Melenceng dari tradisi kita. Jadi kita harap ini tidak terjadi lagi," ucap Kaharudin.

Pelaku meminta maaf melalui medsos

Sementara itu, Kaharudin mengatakan bahwa siswa dan siswi tersebut telah dilakukan pemanggilan oleh pihak sekolah hingga berujung permintaan maaf.

Siswa dan siswi membuat pernyataan maaf melalui media sosialnya.

"Siswa sudah mengakui (perbuatannya) itu, lalu minta maaf. Mungkin cukup dua di situ saja. Untuk kelanjutannya, saya juga akan menghubungi kepala sekolahnya nanti," sebut Kaharudin.

Viralnya aksi perayaan kelulusan siswa SMA Negeri 1 Kunto Darussalam mendapat respon dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Kemendikbud melalui akun twitternya mencari informasi terkait nama sekolah SMA tersebut.

"Ya, mungkin Kemendikbud juga sudah tahu karena kejadiannya viral di media sosial," pungkas Kaharuddin.

Meresahkan banyak pihak, aksi siswa yang rayakan kelulusan di tengah pandemi corona ini lalu mendapat berbagai komentar netizen yang justru menghujatnya.

“Lulus jalur corona aja bangga, udah tahu lagi pandemi malah coret-coret. Apa yang lu banggain woy? Perjuangan belajar mati-matian demi ujian nilai bagus lulus dengan selamat gitu? Haha kocak lu!” balas akun Twitter @cimolca**tip.

“Heran banget asli gue lihat muda-mudi zaman sekarang. Pada nggak ada akhlak kaya nggak paham batasan-batasannya,” komentar akun @snugglew**zie.

Tak berselang lama, muncul video permintaan maaf dari siswa-siswi tersebut. Para siswa terutama HJ mengaku menyesal dan meminta maaf sedalam-dalamn ya atas apa yang telah di lakukan.

“Assalamuallaikum wr. wb. selamat malam semuanya jadi disini kita mau klarifikasi atas masalah yang viral beberapa waktu lalu , yang kita telah langgar aturan sekolah, baik prilaku maupun pakaian yang ada pada gambar tersebut,” tutur HJ pada video klarifikasinya.

(pop.grid.id dan minews.id)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel