Andre Gerindra Dukung Langkah Erick Thohir Restrukturisasi PTPN: Puluhan Jabatan Direksi PTPN Hilang!


Dipakai Dulu Baru Digrebek, PSK Ini Merasa Dijebak Andre Rosiade ...

Darirakyat.com - Kementerian BUMN yang dipimpin Erick Thohir melakukan restrukturisasi organisasi dengan merampingkan jumlah direksi di setiap anak perusahaan PT Perkebunan Nusantara III (Persero). Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade mengapresiasi langkah Erick.

"Saya selaku anggota Komisi VI DPR yang bermitra dengan Kementerian BUMN mendukung perbaikan-perbaikan di PTPN yang dilakukan oleh Pak Erick Thohir. Saya yakin perombakan struktur ini akan meningkatkan kinerja PTPN," kata Andre dalam keterangan tertulis, Rabu (27/5/2020).

Andre mengatakan, selama ini anak perusahaan Grup PTPN memiliki struktur organisasi yang terlalu gemuk. Begitu gemuknya, setiap anak perusahaan bahkan memiliki sampai empat direksi. Andre menilai, perampingan struktur di Grup PTPN ini dapat membuat pelaksanaan bisnis perusahaan pelat merah itu menjadi lebih fokus.v

"Saya optimistis dengan struktur baru ini soliditas organisasi akan semakin kuat dalam mencapai tujuan perseroan. Semoga PTPN Group akan lebih siap menghadapi tantangan bisnis ke depannya," ucap Andre.

Lebih lanjut Andre mengatakan, perombakan ini penting untuk dilakukan mengingat besarnya peran Grup PTPN terhadap perekonomian nasional.

Menurut catatan, saat ini Grup PTPN merupakan salah satu perusahaan perkebunan terbesar di dunia berdasarkan total lahan konsesi perkebunan seluas 1,17 juta hektare. Sementara produk komoditas Grup PTPN mencakup komoditas anak perusahaan yang beragam terdiversifikasi, antara lain kelapa sawit, tebu, karet, teh, kopi, tembakau, dan kakao, serta produk hilirnya masing-masing.

"Pergantian ini sudah sejalan dengan program transformasi grup perusahaan yang berkomitmen untuk meningkatkan kinerja perusahaan dan terus melakukan perubahan dalam mencapai target perusahaan sehingga dapat memberi kontribusi besar bagi perekonomian nasional," kata Ketua DPD Gerindra Sumatera Barat ini.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian BUMN telah menetapkan keputusan restrukturisasi organisasi dengan merampingkan jumlah direksi di setiap anak perusahaan PT Perkebunan Nusantara III (Persero). Mulai dari PTPN I, II, IV sampai dengan XIV kini hanya memiliki 1 direktur dalam jajaran masing-masing perusahaan. Perampingan itu dilakukan sebagai upaya agar anak perusahaan fokus pada kegiatan operasional dengan pengawasan dan evaluasi kinerja oleh Holding.

"Pergantian ini sejalan dengan program transformasi grup perusahaan yang berkomitmen untuk meningkatkan kinerja perusahaan dan terus melakukan perubahan dalam mencapai target perusahaan sehingga dapat memberi kontribusi besar bagi perekonomian nasional," ungkap Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Muhammad Abdul Ghani dalam keterangan resminya, Selasa (26/5/2020).

Dengan perampingan tersebut, maka tiap anak perusahaan yang awalnya memiliki 4 direksi kini tinggal 1.

Sesuai penetapan Menteri BUMN Erick Thohir, Ghani telah menyerahkan Surat Keputusan tentang pemberhentian, pengangkatan dan perubahan nomenklatur jajaran direksi anak perusahaan Grup PTPN kepada jajaran pimpinan baru 13 PTPN pada Selasa, 26 Mei 2020 di kantor pusat Holding di Jakarta.

"Pada tahun 2020 ini, peran Holding Perkebunan Nusantara yang sebelumnya sebagai Strategic Holding berubah menjadi Operational Holding, dimana fungsi utama dan perencanaan strategis termasuk seluruh keputusan terkait investasi (on farm dan off farm), kebijakan komoditi, portofolio bisnis, pengembangan bisnis baru, pemasaran, inisiatif optimalisasi dan divestasi aset, pendanaan dan manajemen kas, serta sumber daya manusia dikendalikan sepenuhnya oleh Holding", jelas Ghani. (detik.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel