Staf Menhub: Sosok Pekerja Keras tidak Kenal Hari Libur. Begini Kronologi Sakit Budi Karya hingga Positif Covid-19

Image result for budi karya

Darirakyat.com -
Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto Brigjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya mengungkapkan bahwa Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah positif covid-19. Budi disebutnya menjadi salah satu pasien dengan nomor 76.

"Benar bahwa pada saat ini pasien kalau tidak salah nomor 76 sedang dirawat di rumah sakit pusat AD Gatot. Dan dengan beberapa underlycing... dan hasil lab confirmed Covid-19," ujar Albertus di RSPAD, Jakarta, Sabtu (14/3/2020) malam.

Dia mengungkapkan kronologi Budi Karya Sumadi hingga positif covid-19. Pada awalnya, Menteri Budi dirawat dengan penyakit penyerta di sebuah rumah swasta.

"Dengan perkembangan timbul sesak napas, selanjutnya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan dilakukan pemasangan beberapa alat medis supaya tertangani dengan baik. Saat ini beliau dirawat di RSPAD dan tadi sore tim yang merawat nyatakan ada perbaikan," ujar dia.

Dirawat Sakit Tifus
Sebelumnya Menteri Perhubungan atau Menhub Budi Karya Sumadi harus dirawat di rumah sakit setelah menderita penyakit tifus. Menurut Staf Khusus Menteri Perhubungan, Adita Irawati, saat ini Menhub dalam kondisi stabil.

Tapi, Adita tidak mengungkapkan sudah berapa lama Menhub Budi Karya menderita penyakit tersebut. Namun, Adita menilai Menhub kelelahan karena begitu padatnya kegiatan yang harus dijalani.

"Masih dalam perawatan dokter di RS," kata Adita ketika dihubungi Liputan6.com.

Dalam unggahannya di media sosial Instagram @aditairawati, Adita menyebut atasannya itu sebagai sosok pekerja keras. Dia juga menyebut bahwa Menhub Budi Karya selalu memantau progres di Kementerian Perhubungan walaupun kesehatannya belum pulih.

"Bersama pak Menteri yang juga atasan saya...

Seorang pekerja keras yang tidak kenal hari libur, bahkan Sabtu dan Minggu pun beliau ada di lapangan, memastikan semua program dan proyek sektor perhubungan berjalan dengan baik.

Seperti di akhir Februari sampai awal Maret lalu, dua hari penuh memantau berbagai proyek kereta api, bandara dan pelabuhan di berbagai kota dan kabupaten di Sulawesi. Dilanjut di hari-hari berikutnya dengan serangkaian pertemuan untuk menbahas antisipasi virus Corona di sektor perhubungan. Eh masih lanjut lagi dengan meeting2 dan acara2 lainnya. Begitu padatnya kegiatan, kadang abai pada kesehatan sendiri. Alhasil beliau harus istirahat di rumah karena gejala tifus.

Pantau Progres Proyek


Pun demikian, beliau tidak pernah putus memantau progress berbagai proyek yang jadi andalan negara ini meskipun itu harus dilakukan dari rumah. Begitu pula malam ini, saya dan beberapa tim di Kementerian Perhubungan bertemu beliau di kediaman untuk membahas berbagai isu yang perlu segera diantisipasi.

Tabik untuk pak @budikaryas ... yang penuh dedikasi untuk kemajuan sektor transportasi. Jaga kesehatan ya pak. Insya Allah segera pulih seperti semula.... dan beraktivitas seperti biasa, termasuk main pingpong dan bersepeda lagi,"

Terakhir kali aktivitas Menhub Budi Karya yang membuatnya muncul di depan publik adalah saat menyaksikan langsung proses pemulangan ke-69 WNI ABK Diamond Princess di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Senin (2/3/2020) dini hari WIB.

Setelah itu, Menhub tidak muncul lagi di depan publik dan dikabarkan sedang tidak dalam kondisi sehat. Menhub juga sempat melaksanakan kegiatan sehari-harinya dari rumah karena dalam masa penyembuhan. (liputan6.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel