Soal Guyonan yang Dianggap Hina Satpam, Denny Cagur dan Parto Terancam Dipolisikan

Image result for denny parto

Darirakyat.com - Pelawak Edi Supono alias Parto, Denny Cagur, serta tim produksi Overa Van Java Trans 7 disomasi Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJPI).

Organisasi tersebut menilai mereka telah merendahkan profesi satuan pengamanan atau satpam. Dugaan pelecehan ada dalam tayangan OVJ episode 17 Januari 2020. Di episode tersebut, Bonny menyebut Parto dan Denny Cagur memakai atribut satpam.

"Gerakan-gerakan berjoget, gerakan menari jadi bahan tertawaan. Itu loh poinnya, jadi bahan tertawaan dan lelucon. Orang melihatnya identik itu profesi satpam. Jadi itu yang kita permasalahkan," kata Ketua Biro Advokasi Satpam Indonesia, Bonny Andalanta Tarigan, Boony Andalanta Tarigan saat menggelar jumpa pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (22/1/2020).

Bonny menegaskan, dugaan penghinaan bukan dari ucapan Denny Cagur maupun Parto. Namun, gerakan-gerakan yang dilakukan mereka membuat profesi satpam seperti dilecehkan

Setelah mengirim somasi, ABUJPI menunggu tanggapan dari Denny Cagur, Parto, dan tim produksi OVJ. Bila tak juga direspons, ketiganya terancam dilaporkan ke polisi.

"Langkah selanjutnya hukumnya saya pikir," katanya.

Hanya saja, Bonny sampai sekarang masih membuka pintu damai. Dia berharap para pihak terkait mau duduk bersama dan memberi klarifikasi.

"Kita sadar itu hiburan. Tetapi di sisi lain kita melihat tegas koridor-koridor. Koridor untuk saling menghargai, karena kita kaitkan dengan UU penyiaran," ujarnya menjelaskan.

Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJPI) menegaskan bakal menempuh upaya hukum jika somasi yang dilayangkan pada Denny Cagur, Parto, dan tim produksi Opera Van Java tak direspons.

ABUJPI juga tak segan untuk melaporkan program OVJ ke Komisi Penyiaran Indonesia.

"Itu semua akan kami tempuh jika tidak ada tanggapan," kata Ketua Biro Advokasi Satpam Indonesia Bonny Andalanta Tarigan dalam jumpa pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (22/1/2020).

"Arahan dari Ketua Umum sudah jelas bahwa ini akan diproses sampai kita mendapatkan suatu jawaban yang dapat meluruskan persepsi, dapat meluruskan permasalahan, jalan tengahnya seperti apa, begitu," ujarnya lagi.

Dalam somasi yang telah dilayangkan, ABUJPI menuntut beberapa hal. Pertama, mereka ingin video episode OVJ yang dinilai menghina profesi satpam dihapus di berbagai platform media sosial.

Tuntutan kedua, mereka mendesak agar Parto, Denny Cagur, dan tim produksi OVJ menyampaikan permintaan maaf secara terbuka.

Sebagaimana diketahui, episode Overa Van Java yang disoal tayang pada Jumat (17/1/2020) pukul 20.00 WIB di Trans 7. Di episode tersebut, Parto dan Denny Cagur gunakan atribut Satuan Pengamanan atau dikenal satpam.

Namun, atribut satpam dan lontaran lelucon yang disampaikan di acara tersebut dinilai telah menghina profesi satpam di seluruh Indonesia. (suara.com)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel