Pemenang Sayembara Kritik Revitalisasi Monas tidak Sesuai dari Desain Arsitektur

Image result for pohon monas"

Darirakyat.com -
Arsitek pemenang sayembara revitalisasi Monas, Deddy Wahjudi, menyayangkan area kawasan hijau terkena dampak pengerjaan proyek. Salah satu yang disayangkan ialah penebangan pohon di kawasan Medan Selatan.

"Ya sayang saja. Kami menyayangkan," ujar Deddy saat dihubungi, Kamis, 30 Januari 2020. Deddy sebagai pemilik desain berharap tidak ada penebangan pohon di lokasi revitalisasi Monas.

Ia menyatakan akan mempertahankan pohon-pohon tersebut dalam proyek revitalisasi meski dibangun pelataran upacara. Sebab saat mendesain Deddy membayangkan suasana upacara di bawah bayang-bayang pohon. "Mengenai pohon kalau kami di sana dalam pengambilan keputusan bisa menyarankan agar pohonnya dipertahankan," ujarnya.

Selain itu, lanjut Deddy, dalam desain yang dibuat, revitalisasi hanya dikerjakan di area yang sudah mengalami pengerasan. "Dalam desain itu membangun baru di atas pengerasan yang sudah ada," tuturnya

Deddy menambahkan desain revitalisasi Monas mengedepankan konservasi dengan mempertahankan pohon dan kawasan hijau harus dominan dari bangunan Monas saat ini. Ia berharap revitalisasi bisa mengembalikan pohon-pohon yang sudah ada sebelumnya. "Intinya bagaimana kita menghadapi berikutnya dengan menambahkan pohon lagi," ujarnya. (tempo.co)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel