Ini Pujian Ridwan Kamil Soal Pemenang Desain Ibu Kota Negara yang Disukai Jokowi

Image result for ridwan kamil puji pemenang desain ibukota"


Darirakyat.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memuji desain Nagara Rimba Nusa rancangan Urban+ yang memenangkan sayembara ibu kota baru. “Sudah diputuskan pemenangnya Urban+, itu alumni TIB, namanya Sofian Sibarani dan tim. Desainnya menurut Presiden sangat lengkap,” kata dia di Bandung, Senin, 23 Desember 2019.

Ridwan Kamil mengaku, rancangan Sibarani itu juga pilihannya. “Pilihan saya itu,” kata dia yang juga anggota tim penjurian sayembara.

Ridwan Kamil mengatakan, ada sejumlah kelengkapan desain Urban+ yang mengungguli peserta lainnya. “Lengkap itu, satu, punya keberfungsian yang bisa dipertanggungjawabkan. Lahannya tidak terlalu besar, efisien,” kata dia.

Ridwan Kamil mengatakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi juga menyukai desain Urban+ karena menampilkan identitas Indonesia. “Kemudian, yang disukai Presiden karena punya identitas ke-Indonesiaan. Dia punya danau Pancasila, di mana di danau itu ada sila-sila dalam bentuk bangunan dan kegiatan,” kata dia.

Desain Nagara Rimba Nusantara juga menampilkan koridor monumental. “Karena itu ibu kota negara, maka monumentalisme itu penting,” kata Ridwan Kamil lagi.

Ridwan Kamil mengatakan, desain ibu kota baru karya Urban+ itu juga menempatkan posisi bakal Istana Negara berada di bukit. “Kebetulan juga posisi Istananya sesuai dengan harapan Presiden, di sebuah bukit yang sudah dipilih,” kata dia.

Rancangan Urban+ juga dinilai kontekstual. “Kemudian punya sifat yang namanya kontekstual, yaitu memasukkan unsur air, unsur hutan, melestarikan satwa-fauna dalam sebuah irama pembangunan yagn paling pas, kira-kira begitu,” kata Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil mengatakan, keunggulan desain Urban+ ada pada rancangan sistem kotanya yang dinilainya lebih baik dari kota-kota yang ada di Indonesia. “Dia mendesain dengan urban sistem yang jauh lebih baik dari kota-kota yang ada di Indonesia. Semuanya bisa jalan kaki. Kemudian semuanya smart-sistem, komposisinya ada Central-Park-nya. Desainnya memang juara,” kata dia.

Ridwan Kamil mengatakan, Sibarani Sofian juga bukan orang yang asing baginya. Karyanya juga dipergunakan pemerintah Jawa Barat, salah satunya saat mendesain revitalisasi Kalimalang di Bekasi. “Sibarani Sofian itu arsitek yang mendesain Kalimalang,” kata dia.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengumumkan pemenang desain ibu kota baru di Kalimantan Timur. Biro arsitek Urban+ terpilih sebagai pemenang dengan rancangan  bertema Nagara Rimba Nusantara. Pemenang berhak mendapat hadiah sebesar Rp 2 miliar.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Urban+ menyingkirkan empat kandidat terbaik lainnya. Dia mengaku bangga dengan desain yang dibuat oleh para peserta. "Saya bangga kepada rekan-rekan semua yang aktif membuat sejarah gagasan desain ibu kota baru kita," kata Basuki di Kementerian PUPR, Senin, 23 Desember 2019.

Selain Urban+, keempat nominasi terbaik lainnya adalah juara kedua bertema The Infinite City dengan nomor peserta IKN-0831W. Lalu pemenang ketiga bertajuk Kota Seribu Galur dengan nomor peserta IKN-0317B. Masing-masing memenangkan hadiah uang senilai Rp 1,25 miliar dan Rp 1 miliar.

Dua nominator sisanya mendapatkan gelar juara harapan I dengan tema Zamrud Khatulistiwa, dan juara harapan II adalah desain bertema Benua Rakyat Nusantara.

Basuki menjelaskan, bahwa pemilihan pemenang sayembara desain ibu kota tersebut telah melalui proses panjang dengan awal mula peserta terdaftar mencapai 755 kandidat. Seluruh peserta telah mengikuti seleksi yang ketat hingga menyisakan lima kandidat desain terbaik telah dinilai oleh 13 juri penilai, termasuk Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.(tempo.co)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel