Dibongkar oleh Akun @digeeembok Soal Eksplo1tas1 Pramugari, Erick Thohir Kaji Pecat Pejabat Garuda

Image result for erick thohir pecat dirut harley"


Darirakyat.com -  Menteri BUMN Erick Thohir mengkaji opsi pemecatan bagi pejabat PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang diduga melakukan eksploitasi terhadap pramugari di perusahaan. Ia mengatakan opsi ini muncul karena aturan hukuman yang jelas belum ditemukannya. 

Selain itu, opsi juga muncul dengan berkaca pada kebijakan-kebijakan yang biasa diterapkan oleh perusahaan multinasional, salah satunya di Amerika Serikat. 

"Hukumnya belum ada, tapi kalau di Amerika itu nanti saya pelajari, bisa diberhentikan. Apalagi kalau ada pegawai wanita yang jelas-jelas sudah ada sexual harassment (pelecehan seksual)," ucap Erick di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (11/12). 

Kendati begitu, ia mengaku tidak bisa bertindak lebih atas dugaan eksploitasi pramugari.  Ia mengatakan hanya bisa menindak secara etika korporasi karena berkaitan dengan kontrak kerja. 

"Kalau amoral seperti itu kan pasti nanti prosesnya nanti bukan di saya, tapi itu mungkin hukum yang lain, yaitu mungkin di Kepolisian. Kalau saya kan lebih korporasi," ujarnya. 

Namun Erick menentang berbagai perbuatan yang berbau pelecehan seksual di perusahaan pelat merah. Sebab, ia menilai hal ini tak sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku umum di masyarakat. 

"Kami akan memastikan sexual harassment kepada pegawai perempuan di BUMN itu tidak boleh, kaum perempuan itu mohon maaf jangan dijadikan ya hal-hal yang tidak baik lah," katanya. 

"Sudah seyogyanya kaum wanita ini harus mendapatkan proteksi yang jelas apalagi dari pimpinan pimpinan yang tidak baik lah. Apalagi kita sekarang banyak sekali menteri-menteri dari wanita," sambungnya. 

Sebelumnya, dugaan eksploitasi pramugari Garuda Indonesia disebarkan oleh akun twitter @digeeembok. Penyebaran dugaan eksploitasi tersebut dilakukan setelah I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra alias Ari Askhara dipecat dari jabatan direktur utama perusahaan atas kasus penyelundupan Harley Davidson. 

Mulanya, akun itu menyebarkan dugaan keburukan Ari.  Namun lama kelamaan, akun tersbeut turut menyebar dugaan keburukan yang dilakukan oleh direksi dan pejabat perusahaan lain. 

Salah satunya, keburukan Vice President (VP) Cabin Crew Garuda Indonesia Roni Eka Mirsa yang ia tuduh melakukan eksploitasi pramugari menjurus aktivitas prostitusi. 

Geram dengan cuitan @digeeembok, Roni pun melaporkan akun tersebut ke Polres Bandara Soekarno Hatta atas dugaan pencemaran nama baik. 

"Laporannya ada," ujar Kasat Reskrim Polres Bandara Soekarno Hatta AKP Alexander Yurikho saat dikonfirmasi. (cnnindonesia.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel