Beredar Foto Pria Di Sebelah Bung Karno Disebut sebagai Ayahanda dari Rizieq Shihab, Ini FAKTANYA

(Kiri ke Kanan) M. Asad Shahab, Presiden Sukarno, serta dua pendiri APB, Muhammd Alhabsyi dan M. Dhya Shahab /Foto: (Foto: Koleksi A. Mutalib Shahab)


Darirakyat.com - Beredar di media sosial sebuah foto yang diberi lingkaran biru pada orang di sebelah kiri Presiden Soekarno.

Foto tersebut diberi narasi bahwa orang yang diberi lingkaran biru adalah Habib Husen Bin Syihab, ayahanda dari Habib Rizieq Syihab, yang membantu memproklamirkan kemerdekaan Indonesia dan membantu pengakuan kedaulatan dari negara-negara Arab.



Berdasarkan penelusuran, pria yang diberi lingkaran biru ini bukanlah Habib Husen Bin Syihab ayahanda dari Habib Rizieq Syihab. Sosok pria yang dilingkari warna biru tersebut merupakan Muhammad Asad Shahab, salah satu pendiri Arabian Press Board (APB). 





Pria kelahiran Jakarta, 23 September 1910 ini turut berperan dalam mengabarkan proklamasi dan perjuangan kemerdekaan Indonesia di Timur Tengah dalam bahasa Arab.

Foto yang digunakan pada narasi yang salah tersebut berasal dari koleksi A. Mutalib Shahab, putra kedua Asad Shahab sekaligus penulis buku Sang Penyebar Berita Proklamasi RI: Perjuangan M. Asad Shahab & Arabian Press Board.



Link Counter :

1. Sumber

2. Sumber

3. Sumber

(kominfo.go.id)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel