Baru 4 Bulan, Instalasi Batu Gabion Pengganti Bambu Getah Getih Senilai 150 Juta Dibongkar


Baru 4 Bulan, Instalasi Batu Gabion Pengganti Bambu Getah Getih Dibongkar

Darirakyat.com - Pemprov DKI Jakarta membongkar instalasi bebatuan atau Gabion di kawasan Bundaran HI Jakarta. Kepala Dinas Kehutanan Provinsi DKI Jakarta, Suzi Marsitawati mengatakan, pembongkaran itu dilakukan pada Senin (23/12/2019) malam dan pembongkaran hanya untuk sementara.

"Iya (dibongkar) sementara, semalam." kata Suzi pada Liputan6.com, Jakarta, Selasa (24/12/2019).

Suzy menjelaskan, alasan pembongkaran Gabion itu karena ada persiapan acara tahun baru. Memang, salah satu titik panggung hiburan tahun baru akan berada di Bundaran HI.

"Untuk persiapan penyelenggaraan acara tahun baru untuk warga jakarta di bundaran HI," ujar Suzi.

Usai acara tahun baru, Dinas Kehutanan akan membangun kembali instalasi batu Gabion tersebut. "Setelah itu akan dipasang kembali," jelas Suzi.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta membuat instalasi bebatuan untuk menggantkan Getih Getah setelah kondisinya lapuk 18 Juli 2019 lalu.

Suzi pun menjelaskan makna filosofis dari instalasi tersebut. Dia mengatakan ada tiga pilar yang menggambarkan tiga elemen; tanah, air, dan udara.

"Jadi penyelarasan lingkungan di mana di bawahnya kita tanam tanaman juga," ujarnya.

Saat CFD, Instalasi Gabion Jadi Sasaran Warga Berfoto

Jenis tanaman yang ditanam di area instalasi itu adalah tanaman antipolutan seperti bougenvile, lolipop, dan sansevieria atau lidah mertua. Tanaman ini diharapkan bisa membantu mengurangi polusi yang kondisinya cukup buruk di Jakarta. Anggaran instalasi batu ini bernilai sekitar Rp 150 juta. Tanaman itu juga dipilih karena memiliki daya tahan tinggi terhadap kondisi cuaca Jakarta.

Instalasi Batu Gabion yang dipasang di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta dibongkar. Padahal, instalasi tersebut baru didirikan selama empat bulan di Bundaran HI.

Pembongkaran Instalasi Batu Gabion diungkapkan oleh salah seorang warganet @medisal24jam. Ia mengunggah sebuah foto yang menampilkan sejumlah petugas mencopot instalasi batu-batuan tersebut.

"Gabion Batu pengganti Bambu Getah Getih kembali di bongkar? Kerja kok senangnya bongkar pasang," tulis akun tersebut seperti dikutip Suara.com, Selasa (24/12/2019).

Pembongkaran Instalasi Batu Gabion dilakukan dengan alat khusus milik Dinas Kehutanan DKI Jakarta. Sejumlah warganet lainnya juga mengunggah beberapa foto penampakan Instalasi Batu Gabion yang sedang dicopot oleh petugas

Instalasi Batu Gabion dipasang untuk menggantikan Bambu Getah Getih. Batu Gabion tersebut dipasang pada 20 Agustus 2019.

Instalasi yang menelan anggaran sebear Rp 150 juta ini merupakan hasil rancangan Dinas Kehutanan DKI Jakarta. Tiga pilar gabion mencerminkan unsur tanah air dan udara sebagai penyelaras lingkungan.

Hingga berita ini disusun, Suara.com masih melakukan konfirmasi lebih lanjut kepada Dinas Kehutanan DKI Jakarta mengenai alasan pembongkaran instalasi tersebut.

Instalasi Batu Gabion di Bundaran HI dibongkar (Twitter/medisal24jam)


(liputan6.com dan suara.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel