PSI Sindir NasDem: Kami Tak Bisa Berkoalisi Dengan Mereka yang Gunakan Politisasi Agama

Related image

Darirakyat.com -  Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengungkap isi hatinya pasca Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh mendukung Anies Baswedan maju sebagai calon presiden di Pemilihan Presiden 2024. Dengan berat hati, PSI menolak untuk berkoalisi dengan partai Nasdem karena sosok Anies yang dinilainya melakukan politik identitas di Pilkada DKI Jakarta 2017.

Ketua DPP PSI, Tsamara Amany menjelaskan bahwa PSI sangat bertolak belakang dengan Nasdem. Akar permasalahannya itu ialah karena Nasdem baru saja mengumumkan dukungannya kepada Anies.

"Kami di PSI berbeda dengan Nasdem. Maaf, meski kami sama-sama mendukung Pak Jokowi, kami tidak akan pernah bisa berkoalisi dengan mereka yang menggunakan politisasi agama untuk meraih kekuasaan," kata Tsamara melalui keterangan tertulisnya, Rabu (24/7/2019).

Keteguhan PSI itu dibuktikan dengan kritik-kritik yang kerap dilontarkan partai tersebut kepada kaum nasionalis yang terlalu pragmatis dan akrab dengan tokoh-tokoh yang dinilainya menggunakan politisasi agama. Menurut Tsamara, cara tersebut kini digunakan oleh Partai Nasdem dengan menggaet Anies.

"Dulu kami pernah mengkritik kaum nasionalis yang terlalu pragmatis dan berkoalisi dengan tokoh-tokoh yang membiarkan dan menggunakan politisasi agama, hari ini kita jadi saksi bahwa pragmatisme semacam itu nyata," ujarnya.

"Semoga ini jadi pelajaran bersama untuk kita," tandasnya.

Untuk diketahui, Surya Paloh menegaskan partainya berniat mendukung Anies Baswedan jika mencalonkan diri sebagai presiden di Pilpres 2024 mendatang. Menurut Surya Paloh, pencalonan Anies sebagai presiden di Pilpres 2024 harus ditanggapi dengan baik juga.

Hal itu dikatakan Surya Paloh saat disinggung mengenai dukungannya kepada Gubernur DKI Jakarta itu untuk menjadi Capres 2024. Anies mengunjungi kantor DPP Nasdem, Cikini, Jakarta Pusat. Menurutnya untuk pencalonan tersebut, nantinya ia menyerahkan keputusannya kepada Anies.

"2024 kan tergantung Anies. Niatnya sudah pasti ada di situ (mendukung sebagai Capres), semua niat baik harus terjaga asal baik," kata Surya Paloh usai pertemuan, Kamis (24/7/2019).

Dukungannya tersebut nantinya akan dinilai tergantung kondisi ke depannya sampai menjelang pencalonan. Namun jika prosesnya lancar, Surya Paloh menyebut akan mendukung Anies.(suara.com)





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel