Pengamat Transportasi Ledek Gubernur DKI Pengganti Ahok : Anies Itu Hanya Resmikan Proyek

https://www.tagar.id/Asset/uploads/412001-anies-baswedan.jpeg

Darirakyat.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendapat peringkat tiga besar transportasi terbaik dunia dari Sustainable Transport Award (STA) di Forteleza, Brazil.
Menanggapi itu, pengamat transportasi dari Forum Warga Jakarta (Fakta) Azas Tigor Nainggolan menyebut, seharusnya penghargaan tersebut didedikasikan untuk mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok.

Menurutnya, Ahok adalah orang yang meletakan batu pertama dalam pembangunan transportasi modern di Jakarta.

"Trotoar emang siapa yang meletakan dasarnya? Anies itu hanya meresmikaan proyek," kata Tigor saat dikonfirmasi Sabtu (29/6/2019).

Salah satu faktor yang membuat Pemprov DKI raih penghargaan itu ialah upaya serius pemerintah mengintegrasikan semua angkutan umum di Ibu Kota melalui Jaklingko.

Menurut Tigor, program Jaklingko belum sukses. Sebab, tidak semua angkutan umum bersedia bergabung dalam program Jaklingko. Begitu juga dengan sistem Jaklingko yang dinilai amburadul.

"Jaklingko enggak keliatan. Yang dimaksud integrasi itu kan sistemnya yang jelas, sekarang Jaklingko belum menyeluruh," tuturnya.

Tigor menyebut pekerjaan rumah Gubernur dalam membenahi transportasi di Jakarta masih banyak.

Salah satunya menerapkan jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP) untuk mengendalikan kendaraan pribadi.

"Jadi pengendalian kendaraan pribadi itu ya ERP, management parkir terbatas dan mahal, terus tata kotanya harus diperbaiki lagi agar orang itu efektif dalam perjalanan," tukasnya.

Sebelumnya, Anies menyebut penghargan yang diraih Pemprov DKI karena konsep dan eksekusi integrasi antar moda transportasi publik yang terus digenjot belakangan ini.

Tak hanya itu, peningkatan akses pejalan kaki menuju stasiun dan halte, serta keberhasilan meningkatkan jumlah penumpang TransJakarta sebanyak dua kali lipat dalam waktu dua tahun klaim Anies juga menjadi indikator penting atas pengharaan tersebut.

"Semua kita dorong agar warga dan tamu Jakarta merasakan bahwa berjalan kaki dan menggunakan transportasi publik itu bukan hanya mudah, aman dan nyaman, tapi juga keren," Kata Anies dalam lama Facebooknya Jumat (28/6/2019). (akurat.co)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel