Ternyata Patung Yesus di Papua Habiskan Rp 500 M, Diklaim Termegah di Dunia

Darirakyat.com, Jayapura - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengalokasikan dana Rp 300 miliar sampai Rp 500 miliar untuk pembangunan patung Yesus di Puncak Gunung Swajah, Kampung Kayu Batu, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura. Patung ini diklaim termegah di dunia, mengalahkan patung serupa di Rio de Janeiro, Brasil, Tana Toraja , Sulawesi Selatan, dan lain-lain.

"Patung ini berkelas internasional, benar-benar menjadi termegah di dunia," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Papua, Djuli Mambaya di Jayapura, Selasa (25/4/2017).

Mambayan menjelaskan, patung tersebut memiliki tinggi sekitar 50-67 meter, sedangkan landasannya sekitar 100 meter. Sebagai perbandingan, tinggi patung Yesus di Brasil hanya 30 meter, dan landasannya 8 meter. Sementara patung di Tana Toraja tingginya 23 meter dan landasannya 17 meter. 

"Kami akan bangun lift di dalam Patung Yesus Kristus, seperti di Monas Jakarta agar pengunjung dapat menyaksikan seluruh Kota Jayapura dari mata Yesus," ucap Mambaya.

Pemprov menyiapkan lahan seluas 6 hektare untuk mewujudkan proyek ini. Sabtu (22/4) lalu, tim Pemprov melakukan survei melalui udara dengan menggunakan pesawat Grand Caravan.

Patung diharapkan menjadi ikon dan destinasi wisata baru di Jayapura. "Kami telah mengusulkan anggaran sekitar Rp 300 M sampai Rp 500 M dalam APBD Papua," jelas Mambaya.

Saat ini, Pemprov menunggu persetujuan DPRD setempat. Namun persiapan telah dilakukan, salah satunya lokasi patung. 
(news.detik.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel