Saturday, 24 February 2018

Calon Wakil Presiden untuk Jokowi Ternyata Sudah Ada. Begini Kriterianya


Darirakyat.com, Bali - PDI-P kembali mengusung Jokowi sebagai calon presiden untuk periode 2019-2024 mendatang. Keputusan itu ditegaskan dalam rakernas PDI P di Bali, Jumat (23/2/2018).

Dalam rakernas tersebut juga digodok nama-nama yang akan mendampingi Jokowi sebagai calon wakil presiden (cawapres). 

Putri Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani pun mengungkapkan kriteria dan sosok cawapres pendamping Presiden Joko Widodo sudah ada, tetapi belum akan diumumkan.

"Kriterianya sudah ada dan kemudian orang-orangnya pun saya rasa sudah ada. Hanya kemudian, ya kami matangkan," kata Puan, di lokasi rapat kerja nasional PDI-P, Grand Inna Beach Hotel, Sanur, Bali, Sabtu (24/2/2018).

"Kami lihat bagaimana nantinya, dan pada waktunya tentu saja itu merupakan prerogatif ibu ketua umum memutuskan siapa (cawapres Jokowi)," tambahnya.

Ia mengatakan, yang terpenting bagi PDI-P adalah mematangkan terlebih dahulu langkah partai setelah deklarasi pencapresan Jokowi.

Selain itu, kata Puan, kriteria utama cawapres yang akan disandingkan oleh PDI-P dengan Jokowi nanti adalah faktor elektabilitas. Hal ini ditujukan agar elektabilitas mantan Gubernur DKI Jakarta itu bisa semakin meningkat pula.

"Kami lihat dulu bagaimana kemudian bisa menguatkan Presiden. Nantinya cawapresnya apakah nantinya bisa menambah suara dan lain-lain," ujarnya.



Sementara itu, Jokowi hingga saat ini masih merahasiakan cawapres yang pantas mendampinginya dalam Pilpres 2019. "Ya ada di sini (sembari menunjuk kepalanya sendiri)," ucap Jokowi, Jumat (23/2/2018)

Jokowi mengatakan, pemilihan calon wakil presiden masih membutuhkan waktu yang lama, karena harus dibicarakan secara bersama-sama oleh partai pendukung dalam mencapai kesepakatan.

"Belum, masih panjang, ?nanti setelah berbicara dengan semua partai-partai yang ada, baru saya sampaikan," kata Jokowi.

Diketahui, mantan Walikota Solo itu telah mendapatkan dukungan dari beberapa partai politik untuk maju kembali dalam pertarungan Pilpres 2019.

Partai tersebut yaitu Partai NasDem, Partai Golkar, Partai Perindo, dan Partai Solideritas Indonesia (PSI).


Pada Pilpres 2014, Jokowi berpasangan dengan Jusuf Kalla di usung oleh PDIP, PKB, Partai NasDem, Partai Hanura, dan PKPI.

Sumber: Pekanbaru.Tribunnews.com

Comments
0 Comments

0 comments