Friday, 26 January 2018

Begini Debat Netizen Tanggapi Sikap Najwa Shihab saat Wawancarai Anies Baswedan, Simak,,!!


Darirakyat.com,Jakarta - Tepat 100 hari kepemimpinannya di DKI Jakarta, Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Sandiaga Uno diundang ke acara Mata Najwa.

Topik yang ditayangkan program tersebut, mulai dari penertiban Tanah Abang, pulau reklamasi, rumah DP nol rupiah hingga penertiban becak.

Selain Anies dan Sandi, sosok sang presenter Najwa Shihab ternyata juga tak luput dari sorotan publik, terutama netizen pengguna media sosial

Ya, kritikan pun datang dari para netizen terkait sikap Najwa Shihab yang kerap menyela atau memotong omongan Anies ketika menjawab pertanyaan.



Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, berdiskusi saat mengunjungi dan bersilaturahmi dengan pegawai MRT Jakarta di Wisma Nusantara Jala MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (25/1/2018). Dalam kunjunnanya, Anies membahas terkait progres pembangunan Proyek MRT. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha (Warta Kota/ANGGA BHAGYA NUGRAHA)

Tak hanya itu, Najwa pun dinilai netizen terlalu mencecar dengan pertanyaan sehingga Anies terlihat kesulitan menjawabnya.

Kritikan terhadap Najwa Shihab tersebut berseliweran di media sosial.

Salah satunya dari pengguna akun jejaring sosial Facebook, Mahmudah Ratna Suminar.

"Najwa semestinya Anda belajar lagi jurnalisme sama Karni Ilyas misalnya. Anda nanya, yang ditanya masih menjawab, belum selesai langsung disela, kadang langsung dicut di tengah jalan, sering menyimpulkan sendiri, ketika dijelaskan ngotot dengan kesimpulannya sendiri. Anda itu mewawancarai apa mau mengejudge sendiri sesuka Anda? Pemirsa itu mau tahu pendapat narasumber mbak, bukan cecaran pertanyaan tanpa jawaban yang lengkap karena dipotong-potong sesuka Anda. Beda lagi kalau narasumbernya segolongan dan sejalan dengan Anda. Contohlah Pak Karni yang memberi kesampatan dua pihak untuk memberikan klarifikasi tanpa potong seenaknya. Paling suka komentar Pak Anies, 'Jangan merasa paling tahu, jangan merasa paling benar', belajar lagi," tulis netizen tersebut.

Ada pula netizen pengguna akun Twitter @BangPino_ yang menyarankan agar Najwa membiarkan tamu menyelesaikan bicara, baru ditanggapi.

"Mba @NajwaShihab saran saya, alangkah baiknya anda sbg Host sekaligus Jurnalis belajar menjadi & memghormati narsum. Sikap kritis bagus, tp hrs bisa menempatkan kapan waktu yg tepat. Biarkan tamu menyelesaikan bicara. Sesekali jadilah pendengar yg baik," kicau akun @BangPino_

Dalam sejumlah adegan dalam Mata Najwa, memang tampak Najwa menyela saat Anies Baswedan menjawab pertanyaan darinya.

Bahkan, ada satu kesempatan Anies sampai mengatakan, "Sebentar, izinkan saya selesaikan dulu, habis ngomong-ngomong terus."

Ada pula yang menilai bahwa tipikal orang seperti Anies memang membutuhkan pengantar sebelum menjawab suatu pertanyaan dari si penanya.


"Ada bbrp orang yg cara jawabnya dg ngasih pengantar sblm njawab pertanyaan si penanya. Anies kemarin lakukan hal tsb,"cuit akun @gepengsekali.



Ada yang mengkritik, ada pula yang membela sikap Najwa dalam wawancara tersebut.
Seorang netizen pengguna akun Twitter, @Andre_Aja, membenarkan Najwa memotong ketika narasumbernya memberikan jawaban yang dinilai berbelit.

"Mbak @NajwaShihab itu kl nyiapin pertanyaan bkn nya bentar dan simple, jd kl narsum nya jawab muter2 dan ga berbobot ya emang bgsnya d potong daripada materi yg uda disiapin matang2 mubazir," cuit akun @Andre_Aja.




Dalam tayangan, memang terlihat Anies tidak menjawab lugas pertanyaan yang dilontarkan Najwa.

Hal ini terlihat dari sikap Najwa yang harus berulang kali mengulang pertanyaan yang dilontarkan kepada Anies maupun Sandiaga Uno. 

Sumber:tribunnews.com

Comments
0 Comments

0 comments