Friday, 29 December 2017

Somad Ditolak Masuk Hong Kong, Mahfud MD Berikan Respon Tak Terduga Ini…


Darirakyat.com,Bantul - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menduga Abdul Somad yang ditolak masuk Hong Kong hanya dikerjai. Dia menduga tidak ada persoalan serius di balik penolakan ini.

"Saya sendiri menduga, menduga ya kalau saya, mungkin ada orang tahu bahwa Somad mau ke sana, lalu orang ini tidak suka terhadap Somad punya kenalan (petugas) di Imigrasi Hong Kong, lalu dikerjain di situ," kata Mahfud kepada wartawan di JEC, Jumat (29/12/2017).

"Itu saja saya kira permainannya. Saya kira masalah yang serius betul itu tidak ada," lanjutnya.



Terlepas dari penyebab penolakan ini, lanjut Mahfud, secara hukum diplomatik memang petugas imigrasi berwenang menolak seseorang bila mereka mencurigai adanya sesuatu yang tak wajar.

"Petugas-petugas imigrasi itu bila mencurigai sesuatu, terlepas itu benar atau salah, itu boleh mengambil tindakan setempat. Karena demi keamanan negara," jelasnya.

Menurutnya, karena yang menolak adalah petugas imigrasi, akan sulit meminta pertanggungjawaban dari negara penolak. Sebab, yang berwenang menolak seseorang adalah petugas lapangan.

"Tetapi menurut saya, kalau mau baik-baik sebenarnya, sebaiknya pemerintah Hong Kong itu menjelaskan masalahnya," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, Abdul Somad ditolak begitu tiba di Hong Kong. Penolakan ini, kata Somad, tidak disertai alasan yang jelas. Namun tiba-tiba dia langsung diminta balik ke Jakarta



Sumber: Detik.com

Comments
0 Comments

0 comments