Friday, 17 November 2017

Kumpulkan Pasukan, Simak Ini Instruksi dari Anies untuk Antisipasi Banjir, Jangan Kaget Yah…


Darirakyat.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedanmenyampaikan banyak instruksi terkait antisipasi bencana pada musim hujan ini.

Instruksi dia sampaikan di hadapan 49.000 pasukan yang terdiri dari pasukan warna, RT, RW, LMK, camat, lurah, hingga anggota Pramuka dalam apel siaga bencana di Lapangan Silang Monas Selatan.

Instruksi pertama adalah menyiapkan posko bencana dan peralatannya.

"Pertama, posko bencana harus siaga 24 jam, baik personelnya, peralatannya, alat komunikasinya, dan memastikan semua kebutuhan logistik ditempatkan di lokasi rawan," ujar Anies di Lapangan Silang Monas Selatan, Sabtu (18/11/2017).

Kemudian, Anies menginstruksikan agar ketinggian air selalu dimonitor. Jika tingginya mulai melampaui batas, maka early warning systemharus diaktifkan. Caranya bisa dengan mengirim SMS serentak ke warga, menggunakan kentongan, atau sarana komunikasi lain.
"Sehingga masyarakat Jakarta yang tinggal di daerah rawan bencana dapat info secepatnya," ujar Anies.

Ketiga, Anies meminta agar penanganan banjir di tingkat kelurahan selalu prima. Artinya, jalur evakuasi, antisipasi dapur umum, dan pos kesehatan harus disiapkan. Jika dibutuhkan, maka bisa langsung digunakan. 

Instruksi keempat terkait dengan antisipasi angin puting beliung dan pohon tumbang. Anies meminta agar pohon-pohon yang sudah lebat untuk dipangkas.

"Pastikan kurangi dedaunan di pohon yang berat. Lakukan aksi itu agar tak terjadi tumbangnya pohon besar," kata Anies.

Instruksi tidak hanya sampai di situ. Anies juga meminta pasukan biru untuk menjamin sungai bersih dari lumpur dan sampah. Pasukan oranye juga harus siap membersihkan sampah di wilayah masing-masing.

"Pastikann bahwa sampah di pintu air maupun di saluran bisa dibersihkan sesegera mungkin," kata Anies.

Anies juga memberi instruksi kepada Dinas Sosial untuk sigap memberikan bantuan warga yang kena bencana. Dapur umum harus segera disiapkan dan proses evakuasi harus dilakukan seefektif mungkin. Semua bantuan juga harus terdistribusi dengan baik.


Sumber: megapolitan.kompas.com

Comments
0 Comments

0 comments